Sistem
Informasi yang digunakan pada Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Achmad
Yani adalah sistem SLIMS. SLIMS adalah
perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system)
sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi ini pertama kali
dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional,
Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional.
Aplikasi SLIMS dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan
pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, SLIMS mendapat penghargaan tingkat
pertama dalam ajang INAICTA 2009 untuk kategori open source
(perpustakaan.kemendikbud.go.id). Sistem Informasi ini merupakan versi Cendana dari yang
sebelumnya.
Beberapa Fitur SLIMS
·
Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-
generate on-thefly.
·
Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku.
·
Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat
lanjut (Advanced Search)
·
Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk
kebutuhan web service.
·
Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
·
Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material
Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan
lain-lain.
·
Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman dan pengembalian, Reservasi
koleksi, Aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda.
·
Manajemen keanggotaan.
·
Inventarisasi koleksi (stocktaking)
·
Laporan dan Statistik
·
Pengelolaan terbitan berkala
·
Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital.
Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
·
Beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan
selain latin.
·
Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab,
Jerman).
·
Dukungan Modul Union Catalog Service.
·
Counter Pengunjung perpustakaan.
·
Member Area untuk melihat koleksi sedang dipinjam oleh anggota.
·
Modul sistem dengan fitur: Konfigurasi sistem global, Manajemen modul,
Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup, Pengaturan hari libur, Pembuatan
barcode otomatis, Utilitas untuk backup. (perpustakaan.kemendikbud.go.id)
Sistem
Informasi ini dapat ditemukan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas
Achmad Yani dan dapat pula diakses melalui Mobile atau Smartphone dan Personal
Computer masing-masing.
Sistem
Informasi yang digunakan dapat mengelola data keanggotan, data peminjaman buku,
data buku yang tersedia, data pengembalian buku. Buku yang tersedia merupakan
buku fisik dan atau yang berupa e-book dan e-journal yang bisa langsung diakses
melalui website perpustakaan. Terdapat juga data skripsi tetapi sangat terbatas
untuk akses.
Pihak yang
terkait dengan sistem Informasi ini adalah pihak pengurus perpustakaan yang
berkaitan dengan sistem jaringan itu sendiri. Dan juga para mahasiswa yang
merupakan pengakses website tersebut.
Sistem ini
berjalan dan dapat diakses melalui website fkelibrary.unjani.ac.id. tapi
sayangnya website tersebut mengalami gangguan teknis saat kami mencoba untuk
mengaksesnya dan sedang dalam tahap perbaruan. Dan terdapat juga media sosial
berupa Twitter @LibraryFKUnjani.
Wawancara bersama pengurus perpustakaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar